Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Apa Perbedaan Cincin Tunangan Dengan Cincin Pernikahan?

erbedaan Cincin Tunangan Dengan Cincin Pernikahan

Jika sepasang kekasih telah memutuskan untuk menjalin hubungan ke status yang lebih serius, cincin merupakan salah satu benda yang paling penting yang digunakan sebagai simbol ikatan.

Setelah hubungan pacaran, status serius selanjutnya ditunjukkan dengan adanya ikatan melalui acara tunangan, setelah itu barulah acara pernikahan dilakukan.

Baik tunangan maupun pernikahan, keduanya membutuhkan cincin sebagai simbol ikatan. Di Indonesia, banyak orang beranggapan bahwa cincin tunangan dan cincin nikah tidak boleh disamakan. Padahal kedua cincin tersebut digunakan dalam acara yang waktunya berdekatan. Kenapa sih? Memangnya apa perbedaan cincin tunangan dan cincin nikah tersebut? Dari pada penasaran, yuk simak artikel di bawah ini mengenai beberapa hal yang membedakan cincin tunangan dan cincin nikah.

 

Waktu pemberian cincin

Hal pertama yang jelas membedakan antara cincin tunangan vs cincin nikah adalah kapan cincin tersebut diberikan. Cincin tunangan biasanya diberikan oleh pihak pria kepada pihak wanita saat ia datang untuk melakukan lamaran  di sini, cincin tunangan dijadikan sebagai simbol komitmen antara dua kekasih yang menjalin hubungan. Artinya, hubungan mereka sudah lebih serius dibanding hubungan pacaran.

Sementara itu, cincin nikah biasanya diberikan saat kedua pasangan mengucapkan janji nikah yakni pada saat akad nikah dilakukan. Dalam hal ini, cincin nikah digunakan sebagai simbol yang mengikat kedua pasangan secara resmi. 

 

Sifat cincin

Apakah cincin tunangan dan cincin nikah wajib diberikan? Jawaban dari pertanyaan ini dapat menunjukkan perbedaan cincin tunangan dan cincin nikah.

Cincin tunangan bersifat tidak wajib. Ada pasangan yang sepakat melaksanakan prosesi lamaran atau tunangan tanpa cincin. Tentu saja hal ini tergantung kesepakatan atau kemampuan ekonomi kedua belah pihak, atau mungkin ada pertimbangan lain.

Sebaliknya, cincin nikah bersifat wajib karena merupakan simbol ikatan antara dua kekasih yang resmi memulai sebuah rumah tangga.

 

Siapa yang memakai cincinnya

Sebenarnya secara tradisi, cincin tunangan hanya dikenakan oleh wanita saja karena di sini hanya pihak pria yang memberikan cincin (tidak ada kewajiban tukar cincin). Namun seiring berjalannya waktu, kita banyak menemukan pria dan wanita memakai cincin tunangan. Hal ini kembali pada kesepakatan yang dibuat.

Sebaliknya, cincin nikah biasanya dipakai oleh pria dan wanita setelah menjalani prosesi tukar cincin di akad nikah.

 

Desain cincin

Cincin tunangan biasanya hanya dipakai sementara. Oleh karena itu, desain cincin tunangan biasanya dibuat elegan dengan batu pertama. Salah satu jenis batu cincin yang banyak digemari adalah berlian.

Sebaliknya, cincin nikah biasanya didesain lebih sederhana atau minimalis. Hal ini dikarenakan banyak pasangan yang sepakat untuk memakai cincin nikah setiap hari (untuk jangka waktu panjang) sehingga cincin nikah didesain sesederhana mungkin agar tidak mudah rusak dan tidak mengganggu aktivitas.

 

Jumlah cincin

Jumlah cincin berkaitan dengan siapa yang memakai cincin. Jika sebuah pasangan memutuskan untuk membeli 1 cincin saja (untuk wanita) sebagai cincin tunangan, maka hal ini tidak menjadi masalah, tergantung kesepakatan kedua belah pihak. Sebaliknya, cincin nikah selalu ada dua buah, bisa dalam bentuk cincin couple maupun dua cincin yang dibeli secara terpisah.

 

Penempatan cincin pada jari

Perbedaan cincin tunangan dan cincin nikah juga ditunjukkan dari posisi cincin pada jari. Berdasarkan tradisi yang populer, cincin tunangan biasanya ditempatkan di jari manis tangan krii. Sementara itu, cincin nikah ditempatkan di jari manis tangan kanan.


Itulah beberapa perbedaan cincin tunangan dan cincin nikah yang perlu kamu ketahui. Jika kamu ingin membeli cincin tunangan atau cincin nikah dengan kualitas bahan dan model yang bagus dan selalu update, kamu bisa beli di Diamond & Co.

Back to Top