Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Sudah Tahu Belum? Begini Cara Memakai Cincin Tunangan yang Benar

Sebelum meresmikan hubungan ke jenjang resmi pernikahan, ada satu proses yang biasanya dilalui oleh pasangan yaitu pertunangan. Pertunangan sendiri adalah lambang bahwa seseorang sudah saling terikat dan akan segera menikah. 

Pertunangan adalah acara yang tidak kalah sakral dengan pernikahan. Biasanya sang pria akan memberi cincin untuk kekasihnya. Cincin inilah yang kemudian dijadikan sebagai lambang “ikatan”. Tapi, tahukah kamu bagaimana cara memakai cincin tunangan yang benar? Simak info selengkapnya di sini ya!

1. Pilih Tangan Kanan Secara Tradisional

Menurut tradisi, cincin tunangan dan juga cincin nikah dikenakan di tangan kiri. Tepatnya pada jari manis. Kepercayaan ini berasal dari masa Mesir Kuno dan Yunani Kuno. Leluhur yang hidup di kedua masa itu percaya dengan “Vena Amoris”. Ini adalah pembuluh darah yang ada pada jari manis tangan kiri yang membentang hingga ke jantung.

Konsep ini sebenarnya sangat romantis karena cincin yang merupakan lambang cinta akan terhubung langsung hingga ke jantung. Meskipun demikian, ilmu anatomi modern membuktikan bahwa Vena Amoris hanyalah sebuah mitos. Tetapi tradisi mengenakan cincin tunangan dan cincin nikah di tangan kiri masih diterapkan hingga sekarang.

2. Kenakan Cincin di Tangan Kanan Untuk Alasan Tertentu

Di beberapa negara barat seperti Amerika Serikat, Belanda, dan Inggris, cincin tunangan dipakai di tangan kanan. Ini juga tidak lepas dari kepercayaan lama bangsa Romawi Kuno, dimana kanan adalah lambang kebaikan dan kiri merupakan lambang kejahatan. Berangkat dari alasan ini, tradisi mereka menganjurkan untuk mengenakan cincin di tangan kanan.

3. Bolehkah Melepas Cincin Tunangan?

Setelah tunangan, tentu saja kamu boleh melepasnya. Misalnya untuk alasan takut cincin jatuh dan hilang saat beraktivitas, atau rusak karena terkena air, debu, dan kotoran. Sebagai alternatif, kamu bisa mengenakan cincin sebagai liontin untuk kalung. 

Tentu saja cara ini lebih nyaman dan resiko terjatuh lebih rendah. Namun para wanita biasanya tidak melepaskan cincin tunangan mereka sebagai tanda bahwa mereka akan segera menikah.

4. Perlukah Melepas Cincin Tunangan Setelah Menikah?

Ketika kamu sudah menikah, bukan berarti cincin tunangan tidak diperlukan lagi. Kamu masih boleh kok mengenakan cincin tunangan setelah menikah. Beberapa wanita menumpuk cincin tunangan dan cincin nikah mereka dalam satu jari sekaligus.

Ada juga yang mengenakannya di jari manis tangan yang berbeda. Tidak ada aturan resmi yang mengatur tentang hal ini, jadi kamu boleh mengenakannya sesuai dengan seleramu. 

5. Menggabungkan Cincin Tunangan Dengan Cincin Nikah

Alternatif lain yang bisa kamu gunakan dalam memakai cincin tunangan adalah menggabungkannya dengan cincin nikah. Artinya, dua cincin dijadikan satu menjadi sebuah cincin baru. Dengan begini, kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan salah satunya dan tentu saja lebih praktis dan nyaman karena hanya mengenakan satu buah cincin saja.

Itulah dia bagaimana cara memakai cincin tunangan yang benar. Memilih model cincin tunangan yang sesuai selera memang hal penting. Namun kamu juga harus memastikan bahwa kamu memilih tempat yang tepat untuk membeli cincin.

Tenang saja, ada Diamond & Co yang sudah dipercaya menyediakan berbagai macam model cincin untuk tunangan yang bisa kamu pilih. Tidak perlu ragu dengan kualitas dan keaslian semua cincin yang ada di Diamond & Co. Kamu akan bisa menemukan cincin terbaik yang sesuai dengan keinginan serta budget yang kamu miliki. 

Back to Top