Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Sering Diangap Sama, Ternyata Perhiasan Vintage dan Antik Memiliki Perbedaan yang Jelas

perbedaan perhiasan vitnage dan antik

Membeli perhiasan baru itu memang seru, tapi belanja perhiasan vintage dan antik itu rasanya lebih spesial. Plus, perhiasan jadul bisa punya nilai emosional dan keuntungan finansial yang mungkin tidak kamu dapat dari perhiasan kekinian atau yang diproduksi massal.

Tidak hanya itu saja, banyak dari barang-barang tersebut yang dibuat manual dan punya desain khusus yang membuatnya punya ciri khas. Tapi, ingat ya, ada beberapa hal yang membedakan saat belanja perhiasan antik dan vintage beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Perhiasan Vintage dan Antik Dilihat dari Definisi

Perhiasan vintage dan antik adalah dua istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan perhiasan lama, tapi keduanya memiliki perbedaan mendasar berdasarkan usianya. Mari kita jelajahi perbedaan keduanya.

Perhiasan Antik

Dilihat dari segi usia, perhiasan antik umumnya memiliki usia lebih dari 100 tahun. Jadi, perhiasan yang dibuat sebelum awal abad ke-20 dapat dianggap sebagai antik. Karena usianya yang sudah sangat tua, ia menampilkan desain dan teknik pembuatan yang sangat jarang ditemukan di zaman sekarang.

Teknik pembuatan tangan, penggunaan materialnya, sampai gaya pahatannya menjadi ciri khas dari perhiasan antik, dan merupakan pesonanya sendiri.

Sementara dari nilai ekonomis, perhiasan seperti ini umumnya punya nilai yang tinggi sebab ia punya nilai historis dan keunikan-keunikan lainnya. Kalau kamu tertarik dengan perhiasan antik, perhatikan pula kondisinya ya sebab itu berpengaruh pada nilai.

 

Diamond Ladies Ring DCWS0149

Diamond Ladies Ring DRS0119

IDR 2,599,000

Descriptions & Detail

Tampil lebih cantik dan berkilau dengan cincin berlian Diamond & Co

 

Specification

Diamond 1 = 0.066 TCW NC/VS

IDR 2,371,000

Descriptions & Detail

Diamond 1 = 0.0300 TCW NC/VS

 

Specification

Diamond 1 = 0.023 TCW NC/VS

Perhiasan Vintage

Nah, kalau perhiasan vintage itu umumnya merujuk pada perhiasan yang usianya menginjak 20-100 tahun. Ini artinya perhiasan tersebut dibuat mulai dari pertengahan abad ke-20.

Gaya perhiasan vintage mencerminkan tren dan gaya dari periode waktu tertentu, misalnya perhiasan Art Deco dari tahun 1920-an atau perhiasan retro dari tahun 1970-an. Perhiasan vintage mungkin menampilkan material atau teknik yang sudah tidak lagi populer atau digunakan secara luas di masa kini.

Jika dilihat dari segi nilainya, beberapa perhiasan vintage mungkin memiliki nilai yang tinggi, lainnya mungkin lebih berharga karena gaya atau kenangan yang melekat pada era tersebut, daripada nilai intrinsik material atau batu permata.

 

Diamond Bracelet DGRF0030

Diamond Bangle DGKF0321

IDR 4,917,000

Descriptions & Detail

Diamond 7 = 0.0640 TCW NC/VS

 

Specification

Diamond 7 = 0.049 TCW NC/VS

IDR 13,613,000

Descriptions & Detail

Diamond 29 = 0.2340 TCW NC/VS

 

Specification

Diamond 29 = 0.224 TCW NC/VS

Tertarik dengan perhiasan vintage dan antik? Penting untuk kamu ketahui bahwa perhiasan yang digolongkan ke dalam dua kelompok tersebut harus memenuhi kriteria usia tersebut. Ada banyak perhiasan modern yang dibuat dengan gaya vintage atau antik, tetapi mereka tidak dapat dikategorikan sebagai vintage atau antik kecuali mereka memenuhi kriteria usia yang telah ditentukan.

Sementara untuk kamu yang menyukai perhiasan modern ala generasi milenial, kamu bisa temukan di Diamond&Co. Koleksi-koleksi dari butik perhiasan yang baru saja merilis item di lini perhiasan Black Diamond ini termasuk timeless, nyaman dikenakan sehari-hari, dan cocok untuk segala acara.

 

Diamond Ladies Bangle DGK0001

Diamond Bracelet JNC-JDB2023

IDR 15,048,000

Descriptions & Detail

 

Specification

Diamond 7 = 0.205 TCW NC/VS

IDR 32,225,000

Descriptions & Detail

 

Specification

Diamond 38 = 1.097 TCW NC/VS

 

Back to Top