Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Belum Tau Pemakaian Cincin Nikah yang Benar? Yuk Pelajari Lebih Lanjut!

 Pemakaian Cincin Nikah yang Benar

Cincin nikah merupakan sebuah simbol dan tradisi yang berlaku di hampir seluruh dunia. Mengenakan cincin nikah secara tidak langsung memberitahukan status seseorang pada seluruh dunia. Tidak hanya itu, cincin juga dijadikan sebagai simbol ikatan antara dua orang dalam janji pernikahan.

Hal yang harus diperhatikan dari cincin nikah bukan hanya model dan desainnya saja, tetapi juga bagaimana cara memakainya. Ini bukan hal sepele lho.

Belum tahu pemakaian cincin nikah yang benar? Simak info selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Memakai Cincin Nikah di Tangan Kiri

Di banyak negara di dunia, tentunya termasuk di Indonesia, cincin nikah dikenakan di jari manis tangan sebelah kiri. Konon tradisi ini berasal dari Mesir Kuno yang percaya bahwa nadi yang ada di jari manis tangan sebelah kiri terhubung langsung hingga ke jantung.

Dengan menggunakan cincin tersebut di jari manis tangan kiri, maka cincin yang menjadi lambang ikatan cinta tersebut sangat dekat dengan cantik. Selain Indonesia, beberapa negara yang juga menjalankan tradisi cincin nikah di jari manis tangan kiri adalah Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Perancis, Inggris, Afrika Selatan, dan sebagian besar negara-negara Asia.

Memakai Cincin Nikah Bersama Cincin Tunangan

Ketika kamu menikah, kamu tidak harus melepaskan cincin tunanganmu. Kamu bisa mengenakan cincin tunangan dan cincin nikah secara bersamaan di jari yang sama lho. Biasanya, urutan cincin disesuaikan dengan mana yang kamu terima lebih dulu.

Oleh karena itu, cincin tunangan berada di bawah, lalu cincin nikah dikenakan di atasnya. Namun satu hal yang harus kamu perhatikan jika ingin mengenakan cincin nikah dan cincin tunangan secara bersamaan. Di acara pernikahan, sebaiknya lepas cincin tunangan untuk sementara waktu agar kamu tidak beresiko kehilangan cincin tersebut selama upacara. Selain itu, tentunya akan terlihat aneh jika kamu mengenakan 2 cincin sekaligus di hari pernikahan bukan?

Namun setelah acara pernikahan selesai, kamu bisa lanjut mengenakan 2 cincin tersebut secara bersamaan. Banyak juga wanita yang memodifikasi cincin nikah dan cincin tunangan mereka dengan menggabungkannya menjadi satu cincin yang sama. Kamu bisa memilih alternatif ini jika tidak mau ribet karena harus memakai 2 cincin.

Memakai Cincin Nikah dengan Cara yang Tidak Biasa

Mengenakan cincin di jari bisa dibilang sebagai cara yang “tradisional”. Jika kamu ingin mengenakan cincin nikah dengan cara yang tidak biasa, boleh-boleh saja kok. Misalnya dengan menjadikan cincin nikah sebagai liontin untuk kalung yang kamu pakai sehari-hari.

Memakai cincin nikah di jari memang bisa membuat warnanya mudah berubah karena terkena cuaca, air, hingga debu dan kotoran. Selain itu, bukan tidak mungkin kamu akan kehilangan cincin tersebut saat beraktivitas. Itulah mengapa banyak orang lebih memilih untuk mengenakan cincin kawin mereka di leher.

Kesimpulan

Gimana, sudah tahu kan cara memakai cincin nikah yang benar? Dimanapun tempatnya, yang terpenting adalah janji setia yang kamu ucapkan dengan pasangan. Memilih cincin nikah menjadi salah satu momen yang paling ditunggu oleh sepasang kekasih yang akan melangsungkan pernikahan.

Jangan membeli cincin nikah di sembarang tempat. Percayakan cincin nikahmu hanya di Diamond & Co yang menyediakan berbagai macam model dan desain terkini untuk kamu pilih. Tidak hanya itu, kamu bisa mendapatkan cincin terbaik sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Back to Top