Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Sebenarnya, Biaya Lamaran Ditanggung Siapa? Intip Jawabannya di Sini!

biaya lamaran ditanggung siapa

Kamu dan pasangan sudah siap melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius? Saatnya melamar secara resmi. Tapi, ada pertanyaan paling umum yang sering terlontar, biaya lamaran ditanggung siapa? Jawaban atas pertanyaan tadi sebenarnya fleksibel, bergantung pada budaya dan tradisi yang dianut di masyarakat.

Lamaran merupakan sebuah prosesi sakral yang tidak bisa sembarang dilakukan. Berbeda dengan lamaran di negeri barat, lamaran sederhana di Indonesia setidaknya dihadiri oleh keluarga besar kedua belah pihak.

Biaya Lamaran Ditanggung Siapa?

Membicarakan biaya lamaran adalah langkah paling penting dan krusial sifatnya. Dari langkah awal ini kamu bisa melihat apa saja yang bisa dilakukan di dalam acara tersebut. Menyoal siapa yang menanggung biaya lamaran? Diamond&Co sudah siapkan jawabannya di sini.

Pihak Laki-laki

Kalau kita lihat di beberapa tradisi, biasanya keluarga laki-laki yang jadi pihak yang tanggung biaya lamaran. Artinya, mereka yang harus membiayai cincin, ongkos acara lamaran, dan mungkin beberapa biaya lain yang dibutuhkan. Jadi, ini semacam simbol bahwa laki-laki punya tanggung jawab terhadap calon pengantin perempuan yang akan jadi istrinya.

Pihak Perempuan

Di budaya lain, keluarga perempuan atau calon pengantin perempuan juga bisa berkontribusi pada biaya lamaran, atau bahkan menanggung seluruh biayanya lho. Ini bisa meliputi pemberian mahar atau kontribusi finansial lainnya.

Keluarga Kedua Belah Pihak

Ada kasus-kasus umum yang terjadi di masyarakat, yakni keluarga kedua pihak calon pengantin sepakat membagi biaya lamaran. Hal ini mencerminkan kerja sama dan menunjukkan kesetaraan antara kedua keluarga.

Pasangan yang Lamaran

Di zaman sekarang, sering kali calon pengantin memilih untuk menanggung biaya lamaran bareng-bareng atau masing-masing sendiri tanpa terlalu banyak campur tangan keluarga besar. tidak ada aturan baku soal ini, jadi biaya lamaran ditanggung siapa? Itu tergantung kesepakatan masing-masing.

Cara Sederhana Mengumpulkan Modal untuk Biaya Lamaran

Biaya lamaran itu tidak sedikit lho. Hal ini karena ada banyak hal yang harus dipersiapkan dan itu perlu pembiayaan. Biar kamu dan pasangan lebih siap menghadapinya, kumpulkan modal lamaran terlebih dahulu dengan tips berikut ini!

  • Bikin rekening bersama untuk kumpulkan uang biaya lamaran dan nikahan.

  • Setiap bulan, sisihkan 10-20% dari gaji, untuk tabungan lamaran.

  • Cari duit tambahan lewat bisnis kecil atau kerja sampingan.

  • Tidak perlu kencan mewah terus, cari alternatif lain, misalnya  masak bareng, berkebun, atau jogging di taman.

  • Hemat juga di tempat hiburan, misalnya nonton film di rumah daripada di bioskop atau fancy dinner di restoran mahal.

Baca juga: Membuat Lamaran Sederhana Tak Terlupakan: Intip Idea Dekorasi Lamaran Ala Diamond&Co Ini

Lamaran Sederhana Tapi Berkesan: Rahasia Rayakan Cinta tanpa Ribet 

Tips Biar Biaya Lamaran Bisa Dihemat

Kalau kantong kamu dan pasangan lagi cekak, bisa kok bikin lamaran simpel tapi tetap seru tanpa menguras dompet. Ini dia beberapa trik buat hemat biaya lamaran yang bisa dicoba.

1. Memilih Tempat Lamaran

Tidak semua pasangan punya duit banyak buat lamaran di resort pantai yang romantis, meskipun ingin sekali. Tidak perlu memaksakan diri buat lamaran di tempat mewah.

Coba deh sesuaikan sama kantongmu. Salah satu trik hemat biaya lamaran yang OK adalah bikin lamaran di rumah saja. Jadi, tidak usah bayar tempat dan tetap bisa bikin momen spesial!

2. Dekorasi Sederhana

Untuk dekorasi, biaya lamaran ditanggung siapa? Lamaran yang simpel bisa ditekan biayanya dengan dekorasi yang juga simpel. Cukup siapkan beberapa keperluan, seperti backdrop kain, bunga palsu, meja, dan kursi yang tidak terlalu banyak. Kalau bisa, kamu juga bisa bikin dekorasinya sendiri pakai barang-barang yang bisa dibeli di pasar.

3. Pakaian Couple

Tren lamaran simpel sekarang ini ada yang pakai batik sarimbit atau couple. Kamu bisa beli pasangan baju batik itu untuk dipakai pas lamaran. Jadi, kira-kira biaya buat dua baju itu sekitar Rp500.000.

4. Katering untuk Jamuan 

Jumlah keluarga yang datang ke lamaran bisa berpengaruh pada biaya katering yang harus disiapkan. Lebih baiknya, undang keluarga yang dekat-dekat dan teman paling akrab.

Misalnya, undang untuk 20 orang, makanan yang dipesan harus 40 pax. Coba deh pesan set menu yang harganya sekitar Rp50.000 per pax. Jadi, biaya total untuk kateringnya sekitar Rp2.000.000.

5. Foto dan Video Dokumentasi

Momen lamaran itu penting sekali untuk diabadikan lewat foto dan video. Tapi, memang jasa fotografer dan videografer jarang ada yang ekonomis. Buat hemat biaya, lebih baik pilih yang tarifnya lebih bersahabat tapi kamu puas dengan hasilnya.

6. Cincin Lamaran

Di salah satu segmen lamaran, tukar cincin adalah yang paling ditunggu. Di segmen ini, laki-laki akan memberikan cincin ke perempuan sebagai simbol komitmen menjalin ikatan yang lebih serius.

Cincin lamaran beda dengan cincin pernikahan yang lebih sederhana. Kalau anggaran kamu terbatas, kamu tidak perlu memaksakan diri beli cincin yang mahal. Cukup beli satu cincin emas, misalnya yang kadar 50% atau 75%, sekitar 3,5-4 gram.

Diamond Ladies Ring DCWSS0060

Diamond Ladies Ring DRF0142

Diamond Ladies Ring DCWF1113

IDR 4,511,000

Descriptions & Detail

Tampil lebih cantik dan berkilau dengan cincin berlian dari Diamond n Co.
 

 

Specification

Diamond 9 = 0.16 TCW NC/VS

IDR 6,603,000

Descriptions & Detail

Diamond 26 = 0.2150 TCW NC/VS

 

Specification

Diamond 26 = 0.235 TCW NC/VS

IDR 12,970,000

Descriptions & Detail

Tampil lebih cantik dan berkilau dengan cincin berlian dari Diamond n Co.

 

Specification

Diamond 79 = 0.474 TCW NC/VS

Cari cincin tunangan atau cincin lamaran yang berkesan? Diamond&Co bisa ngasih kamu rekomendasi yang menarik. Yuk tengok katalog produk-produk kami lewat tautan ini!

Back to Top