Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Mengenal Perbedaan Cinta dan Sayang, Biar Kamu Nggak Keliru Lagi

perbedaan cinta dan sayang

Apa sih perbedaan cinta dan sayang? Jujur deh, kamu juga pasti masih ragu ‘kan mendefinisikan kedua rasa tersebut. Cinta dan sayang sering kita temukan di berbagai aspek. Selain itu, sering juga muncul dalam lagu, puisi, novel, bahkan status atau story di media sosial.

Tapi, kalau kita bicara soal definisi, masih banyak lho yang masih belum paham apa arti sesungguhnya. Pasalnya keduanya sering kali dianggap sama. Tapi apakah benar-benar sama? Kita break down yuk perbedaannya, biar kamu tahu jelas perasaanmu.

1. Defini cinta

Cinta itu adalah sebuah perasaan yang mewah nan indah. Kalau menurut kamus Oxford cinta itu merupakan tanda dari sayang yang lebih dalam. Sementara itu, kamus Merriam-Webster mendefinisikan cinta sebagai perasaan yang konstan dan super kuat.

Mencintai seseorang pastinya menyayanginya. Tapi sebaliknya? Menyayangi seseorang tidak selalu berarti kita sudah mencintainya. Dalam skala gejolak perasaan, cinta ada di puncaknya, lebih tinggi dan mendalam dari sayang.

Saat seseorang jatuh cinta, terkadang otaknya itu seperti bergerak sendiri. Ia jadi super toleran dan sering kali membenarkan tindakan orang yang kita cintai, walau sebenarnya itu tidak logis. Apa pun blunder yang ia buat, di ujung hari, kita tetap mau memaafkan dan siap berkorban. Makanya banyak orang bilang kalau cinta itu buta.

2. Defini Sayang

Sayang bukan perasaan suka, tapi lebih ke perasaan lembut dan peduli. Saat kita menyayangi, otak kita tetap aktif dan berfungsi, lho! Kita masih bisa bedakan mana yang benar dan salah. Lain cerita kalau cinta, yang kadang bikin kita kayak mabuk kepayang.

Kendati demikian, saat kamu merasa sayang, kamu tetap bisa berusaha mengerti kesalahan orang, walaupun belum tentu sadar akan hal tersebut.

Jika dibandingkan dengan cinta, sayang itu lebih murni, tanpa ada unsur romantis yang mendalam. Perasaan ini bisa kamu beri ke siapa saja, tanpa memandang latar belakang atau status. Pokoknya, sayang itu perasaan yang sangat tulus.

Perbedaan Cinta dan Sayang Itu Besar Lho!

Nah, sekarang kita telusuri perbedaan antara rasa cinta dan rasa sayang. Meskipun banyak yang menganggap itu semua mirip, tapi ternyata ada perbedaan yang besar, seperti ini.

1. Cinta Lebih Besar dari Sayang

Perbedaan cinta dan sayang itu terlihat dari skalanya. Ketika kamu benar-benar cinta, perasaannya pasti jauh lebih dahsyat daripada sekedar sayang. Cinta itu tidak sembarangan datang. Perlu waktu, momen-momen spesial, hingga akhirnya kita sadar kalau perasaan itu sudah berubah jadi cinta.

Sementara, rasa sayang itu lebih gampang muncul, dan bisa dibilang lebih fleksibel. Ke temen, kucing kesayangan, atau barang koleksi favorit? Rasa sayang bisa merasuk dengan mudah. Cool, kan?

2. Sayang Merupakan Bagian dari Cinta

Sering muncul pertanyaan, apakah sayang termasuk ke dalam cinta? Nah, jawabannya? Tentu aja, 'benar' banget! Sayang itu salah satu 'bumbu' dalam resep cinta. Cinta itu kayak puzzle yang punya banyak bagian. Tapi satu yang jelas, kalau kamu udah bilang cinta sama seseorang atau sesuatu, di situ pasti ada rasa sayang yang ikut meramaikan. Gampang kan?

3. Sayang Dulu Baru Cinta

Perbedaan cinta dan sayang itu juga terlihat dari saat kamu berjuang di awal alias pedekate. Dalam petualangan yang namanya pedekate, ada beberapa fase seru yang biasa dilewati. Dari tahap kenalan berlanjut ke fase makin mesra, merasakan getaran-getaran sayang, sampai akhirnya kamu sadar udah terjun bebas dalam kolam cinta. Pasti kamu udah familiar dengan fase-fase gini, dong?

Sebelum merasakan detak jantung yang lebih cepat saat mendengar nama si dia, pasti ada fase di mana kamu udah mulai peduli sama dia. Pasalnya mustahil seseorang mengatakan cinta tanpa merasakan hangatnya sayang. Perasaan itu akan bereskalasi dari yang tadinya kecil kemudian menjadi besar.

Jadi, Kesimpulannya?

Perbedaan cinta dan sayang itu ibarat dua sisi mata uang yang sama. Keduanya adalah bentuk kasih sayang, tapi cinta lebih mendalam dan kompleks. Saat kamu sayang, kamu peduli. Saat kamu cinta, kamu rela berkorban.

Satu hal yang perlu diingat, baik sayang maupun cinta, keduanya perlu diungkapkan dan diperlihatkan. Sebab, perasaan yang tulus tanpa tindakan nyata bak sayur tanpa garam, rasanya hambar. Salah satu tindakannya adalah dengan memberikan hadiah terbaik, berlian dari Diamond&Co, misalnya.

Berlian merupakan hadiah terbaik untuk orang terkasih. Batu mulia mungil ini bisa jadi alternatif saat kamu ingin mengungkapkan cinta kasihmu. Tak percaya? Coba deh kunjungi butik-butik perhiasan kami yang terdekat, lalu pilih koleksi yang paling cocok untuk si dia.


 

Diamond Ladies Ring DRF0220

Diamond Ladies Ring DRF0138

IDR 3,612,000

Descriptions & Detail

Diamond 16 = 0.0550 TCW NC/VS

 

Specification

Diamond 16 = 0.058 TCW NC/VS

IDR 3,798,000

Descriptions & Detail

Music can either soothes your soul or gives you energy to rock the world. Our Legato Collection is the most suitable for you, musician or music lovers!

 

Specification

Diamond 18 = 0.075 TCW NC/VS , TOPAZ 1 = 0.092 TCW BLU/ND

Back to Top