Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Menelusuri Rahasia Kecantikan Baju Pengantin Perempuan dalam Tradisi Pernikahan Sunda

tradisi pernikahan sunda

Diamondlovers, Diamond&Co punya tema seru buat dibahas di artikel ini, yaitu tentang pakaian pengantin dalam tradisi pernikahan Sunda.

Yang namanya daerah tuh pasti punya ciri khas sendiri ‘kan? Salah satu yang ikonik adalah baju pengantin. Setelah outfit keren ini nggak cuma bikin pengantin nampak beda, tapi sekaligus buat nunjukin identitas kelompok dan status sosial si pemakai.

Baca juga: Membongkar Tradisi Pernikahan dari Ritual hingga Kompleksitas Modern 

Baju Pengantin Perempuan yang Ada dalam Pernikahan Tradisi Sunda

Khusus buat baju pengantin dari Tanah Priangan ini, modelnya terinspirasi dari baju-baju putri kerajaan Sunda zaman dulu. Tapi baju pengantin di Sunda sekarang udah banyak perubahan dan modifikasi seiring berjalannya waktu.

Diamondlovers, baju pengantin Sunda udah ngalamin banyak banget perubahan dan modifikasi seiring berjalannya waktu. Nah, sekarang ini, ada 4 jenis baju pengantin Sunda yang dipakai sesuai daerahnya masing-masing dan jadi ciri khasnya. Ini nih info lengkapnya!

1. Sunda Putri

Diamondlovers, baju pengantin Sunda Putri punya ciri khas sanggul Puspasari yang simetris. Ini nggak pakai sanggul tempel lho, tapi di-roll ke sanggul gitu. Terus, ada hiasan ronce melati yang panjangnya sampai ke dada, kembang goyang, ceduk mantul, dan siger yang bikin pengantin perempuan kelihatan mesmerizing.

2. Sunda Siger

Tradisi pernikahan Sunda yang ini bikin siger atau mahkota jadi statement-nya. Siger ini bikin si pengantin kelihatan kayak putri kerajaan zaman dulu, plus sanggul Puspasari. Super cantik!

Padanan kebayanya mirip dengan model pengantin Sunda Putri dengan bawahan kain jarik motif batik Sidomukti, Lereng Ereng, dan Garutan.

3. Sukapura

Baju pengantin model Sukapura yang asalnya dari Tasikmalaya punya cerita unik nih. Karena banyaknya bangsawan di daerah ini, model baju pengantin ini banyak dipakai oleh kaum menak aja.

Ciri khas dari mode baju dalam tradisi pernikahan Sunda dari daerah ini adalah godeknya yang diarahkan ke dalam. Lalu, warna baju yang ngejreng, kayak merah marun, merah cerah, hijau, kuning, dan biru.

4. Inten Kedaton

Ada lagi nih baju pengantin dari Kerajaan Galuh yang disebut Inten Kedaton asal Ciamis. Ciri khasnya adalah warnanya bungur atau ungu dengan payet emas yang bikin tampilan pengantin perempuan kayak Royal Queen.

Di bagian dada dan bahu ada hiasan teratai, di lengan atas ada kilat bahu, dan di bagian pinggang ada pending.

Untuk hiasan kepala pengantin perempuan, ada Siger Ratu Haur Kuning, ronce melati sepanjang pinggang, yang dipaduin dengan kebaya coak leher tanpa lidah.

Padanan Model Cincin Kawin untuk Baju Pengantin dalam Tradisi Pernikahan Sunda

Ada banyak model cincin kawin yang bisa jadi padanan ideal buat baju pengantin ada di Tanah Priangan ini. Cincin ini jadi simbol yang manis buat ngumumin bahwa seorang laki-laki dan perempuan udah resmi jadi suami istri.

Menurut Diamond&Co, ada tiga model cincin kawin yang cocok buat pernikahan adat ini, yaitu:

Cincin Solitaire

Diamond Ladies Ring DRS0045

Diamond Wedding Ring DCKS0148B

Diamond Ladies Ring DRS0066

IDR 4,810,000

Descriptions & Detail

 Tampil lebih cantik dan berkilau dengan cincin berlian diamond n co 
 

 

Specification

Diamond 1 = 0.133 TCW NC/VS

IDR 5,704,000

Descriptions & Detail

Tampil lebih berkilau dengan cincin kawin berlian dari Diamond & Co.

 

Specification

Diamond 1 = 0.018 TCW NC/VS

IDR 7,710,000

Descriptions & Detail

 Tampil lebih cantik dan berkilau dengan cincin berlian diamond n co 
 

 

Specification

Diamond 1 = 0.232 TCW NC/VS

Solitaire adalah cincin klasik dengan ciri khas satu batu permata besar jadi center-nya. Model ini adalah yang paling populer sebagai cincin kawin, tunangan, dan lamaran.

Desain cincin solitaire punya desain band yang sederhana dan polos. Buat pasangan yang suka model cincin yang nggak ribet, cincin ini pasti jadi pilihan. Udah gitu nyaman dipakai sehari-hari.

Cincin Two-Tone

Diamond Wedding Ring DWS0100A

Diamond Wedding Ring DWS0042A

Diamond Wedding Ring DWS0042B

IDR 2,970,000

Descriptions & Detail

Diamond 1 = 0.0350 TCW NC/VS

 

Specification

Diamond 1 = 0.01 TCW NC/VS

IDR 3,432,000

Descriptions & Detail

Tampil lebih cantik dan maksimal dengan cincin berlian dari Diamond & Co.

 

Specification

Diamond 2 = 0.014 TCW NC/VS

IDR 4,325,000

Descriptions & Detail

Tampil lebih cantik dan maksimal dengan cincin berlian dari Diamond & Co.

 

Specification

Diamond 2 = 0.0140 TCW NC/VS

Istilah two-tone merujuk ke perhiasan yang punya dua logam beda, misalnya emas putih dan emas kuning atau dengan emas mawar. Tampilannya jadi lebih unik dan trendi, jadi banyak yang suka dengan perhiasan ini, termasuk buat cincin kawin. Nah, alasan lain perhiasan ini naik daun adalah:

  • Makin kece karena adanya dua logam beda warna dalam satu item perhiasan. Ini tuh beneran logam asli lho, bukan logam sepuhan atau lapisan doang.
  • Budget-friendly. Karena adanya campuran dua logam, ini bisa jadi cara buat nekan harga perhiasan. Lebih hemat, tapi nggak kalah stylish dibandingin sama perhiasan logam tunggal lain.
  • Gampang buat di-mix and matching. Cincin kawin dua warna kayak ini bikin tampilan kamu lebih unik, dan nggak bikin boring. Pantas aja kalau perhiasan kayak gini jadi pilihan anak-anak muda generasi sekarang yang maunya kelihatan modis.
  • Desain perhiasan ini banyak banget. Udah gitu timeless dan nggak ketinggalan zaman. Ini bakal cocok buat dijadiin perhiasan yang nantinya diwarisin ke anak cucu kamu.

Cincin Polos

Diamond Wedding Ring DCKS0641B

Diamond Wedding Ring DWS0059A

Diamond Wedding Ring DCKS0177A

IDR 2,096,000

Descriptions & Detail

 

Specification

IDR 2,958,000

Descriptions & Detail

Tampil lebih cantik dan maksimal dengan cincin berlian dari Diamond & Co. 

 

Specification

Diamond 1 = 0.018 TCW NC/VS

IDR 3,927,000

Descriptions & Detail

Tampil cantik dan berkilau dengan cincin kawin erlian dari Diamond & Co.

 

Specification

Diamond 1 = 0.033 TCW NC/VS

Tahu nggak, cincin kawin yang paling populer dan udah ada sejak dulu tuh adalah cincin polos yang desainnya cuma lingkaran bulat doang.

Sebelum ada cincin kawin yang macam-macam kayak sekarang, orang yang mau nikah pasti milihnya cincin kayak gini. Desainnya yang bulat sempurna jadi simbol kalau seseorang udah ada yang punya.

Nah, itulah info seru tentang baju pengantin dalam tradisi pernikahan Sunda, plus padanan model cincin kawin yang pas buat baju ini.

Nggak kebayang gimana cantiknya kamu kalau nikah pakai adat Sunda lengkap dengan sigernya. Cincin kawin dari Diamond&Co bisa lengkapin penampilan kamu. Cek yuk koleksi lainnya di www.diamondnco.id!

Back to Top