Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Aksesoris Pengantin yang Kaya akan Makna dalam Tradisi Pernikahan Sunda

Tradisi Pernikahan Sunda

Diamondlovers, tahu nggak sih, aksesoris yang dipakai pengantin itu nggak cuma buat cantik-cantik aja, tapi juga punya makna yang dalam banget. Jadi, kalau kamu mau nikah dengan tradisi pernikahan Sunda, kamu pasti pernah lihat ada banyak aksesoris yang dipakai, kayak di rambut dan di sekujur badan pengantin.

Nah, ternyata, setiap aksesoris itu ada filosofinya, lho! Informasi seru ini bakal kita kupas hari ini Ayo, disimak!

Baca juga: Membongkar Tradisi Pernikahan dari Ritual hingga Kompleksitas Modern 

Macam-macam Makna dan Filosofi Aksesoris dalam Tradisi Pernikahan Sunda

Nenek moyang kita tuh jago banget bikin sesuatu yang berharga. Makanya, hal itu tetap dilakuin sampai sekarang dan terbukti ngebawa sesuatu yang positif. Misalnya dalam tradisi dan adat pernikahan Sunda:

1. Mahkota Siger

Siger atau mahkota itu bukan cuma bikin pengantin cantik, tapi juga punya makna dan filosofi yang dalam. Terbuat dari campuran logam keras, bentuk siger umumnya segitiga yang ngadep ke atas.

Siger dibuat dari inspirasi tokoh-tokoh super hero tanah Priangan, kayak Srikandi dan Subardha yang bijaksana, anggun, arif, dan penuh rasa hormat.

Mahkota ini juga cerminan dari kecantikan dan kesempurnaan si pengantin wanita. Dan, perlambang perlindungan diri dan keindahan yang paripurna.

Keren, kan? Benda satu ini bisa bikin pengantin lebih berkilau. Intinya, mahkota siger itu nggak cuma jadi hiasan, tapi juga cerminan kecantikan dan kesempurnaan para mempelai wanita!

2. Kembang Tanjung

Kembang tanjung adalah padanan mahkota siger. Nggak kalah keren, aksesoris ini biasanya berjumlah 6 pasangan dan disematkan di sanggul. Maknanya? Melambangkan kesetiaan pengantin, cinta yang besar, dan keanggunan khas wanita Sunda.

3. Kembang Goyang

Kembang goyang jadi pelengkap aksesoris kepala pengantin perempuan. Ini tuh jadi pelengkap yang bikin siger dan kembang tanjung makin meraih.

Kembang goyang terbuat dari logam, bentuknya bunga, dan ia bakal ikut bergerak ngikutin gerakan pengantin. Pemasangannya adalah di depan dan di belakang, sebagai simbol kecantikan pengantin dari segala sisi.

4. Ronce Bunga

Ini nggak kalah keren. Ronce bunga melati rata-rata panjangnya 20-30 cm, dibuat dari bunga melati asli, bunga kamboja, dan bunga tanjung. Ronce yang menjuntai ke bawah adalah simbol kemurnian, kesucian perempuan, dan keharmonisan rumah tangga.

Ada beberapa bagian dalam ronce melati, yaitu Mayang Sari sebagai doa rumah tangga rukun dan adem ayem, Mangle Susun sebagai simbol urusan rumah tangga yang tertib, tertata, dan rapi, serta Panetep simbol keteguhan dalam membuat Keputusan di dalam rumah tangga.

5. Hiasan Daun Sirih

Coba ditilik lagi, Diamondlovers. Pengantin wanita adat Sunda biasanya pakai daun sirih di dahi yang bentuknya wajik. Daun sirih ini bukan Cuma bikin cantik pengantin, tapi juga sebagai jimat tolak bala.

Kepercayaan ini masih dipegang oleh masyarakat umum lho. Makanya, pengantin tuh pasti pakai daun sirih ini sebagai pelengkap yang nggak boleh ketinggalan dalam tradisi pernikahan Sunda.

Perhiasan sebagai pelengkap pernikahan Sunda

Di dalam pernikahan tradisional, biasanya ada perhiasan yang udah sepaket sama aksesoris lainnya, yang nggak kalah punya makna penting. Tapi di zaman kiwari, banyak MUA modern yang nambahin perhiasan pilihan pengantin.

Nah, kalau Diamondlovers cari perhiasan buat nikah nanti, cek dulu rekomendasi kami, misalnya:

Papillon Collection

Diamond Ladies Ring DRF0221

Diamond Ladies Ring DRF0189

Diamond Ladies Ring DCWF1263

IDR 5,940,000

Descriptions & Detail

Tampil lebih cantik dan maksimal dengan cincin berlian dari Diamond & Co.

 

Specification

Diamond 31 = 0.096 TCW NC/VS

IDR 7,739,000

Descriptions & Detail

Tampil cantik dan berkilau dengan cincin berlian dari Diamond & Co.

 

Specification

Diamond 35 = 0.299 TCW NC/VS

IDR 9,851,000

Descriptions & Detail

Tampil lebih cantik dan berkilau dengan cincin berlian diamond n co

 

Specification

Diamond 45 = 0.342 TCW NC/VS

Papillon emang bukan satu-satunya koleksi khusus di butik perhiasan kami. Tapi, jadi salah satu yang wajib diperhitungkan buat pernikahan kamu.

Bentuk khas dari koleksi ini adalah kupu-kupu yang dipadankan sama berlian berbagai bentuk. Kupu-kupu dipilih karena ia punya filosofi metamorfosis yang terkenal, juga sebagai simbol kesetiaan, kebijaksanaan, dan keagungan cinta.

Gelang Bangle

Diamond Bangle DGKF0321

Diamond Ladies Bangle DGKSS0004

Diamond Ladies Bangle DGK0001

IDR 13,613,000

Descriptions & Detail

Diamond 29 = 0.2340 TCW NC/VS

 

Specification

Diamond 29 = 0.224 TCW NC/VS

IDR 13,732,000

Descriptions & Detail

 

Specification

Diamond 7 = 0.18 TCW NC/VS

IDR 15,048,000

Descriptions & Detail

 

Specification

Diamond 7 = 0.205 TCW NC/VS

Gelang bangle jadi aksesoris yang paling banyak dipakai oleh pengantin. Nah, di dalam aksesoris tradisional pun ada gelang model ini tapi terbuat dari logam selain emas.

Kalau kamu kepengen pakai gelang bangle pilihanmu sendiri, cari yang cocok dengan nuansa baju pengantin kamu, ukuran yang seimbang sama pergelangan dan model baju, lalu warna yang serasi sama warna baju kamu.

Anting-anting

Diamond Ladies Earrings DEF0073

Diamond Ladies Earrings DAF0373

Diamond Earrings DEF0102

IDR 4,406,000

Descriptions & Detail

Diamond 16 = 0.1060 TCW NC/VS

 

Specification

Diamond 16 = 0.114 TCW NC/VS

IDR 5,528,000

Descriptions & Detail

Diamond 14 = 0.1150 TCW NC/VS

 

Specification

Diamond 14 = 0.12 TCW NC/VS

IDR 6,696,000

Descriptions & Detail

 

Specification

Diamond 12 = 0.264 TCW NC/VS

Pengantin di tradisi pernikahan Sunda yang nggak berhijab wajib pakai anting. Ini adalah aksesoris yang jadi pelengkap penampilan lho.

Nah, pas milih anting-anting, pastiin modelnya sesuai dengan bentuk muka kamu. Terus, pilih model yang serasi dengan siger dan aksesoris kepala lainnya. Jangan sampai anting yang kamu pakai ketutup sama aksesoris lainnya. Tapi harus yang bisa lengkapi penampilan kamu.

Nah, info tentang makna aksesoris yang dipakai dalam tradisi pernikahan sunda ada banyak, tapi kami bahas yang pentingnya aja. Buat lengkapin koleksi perhiasan kamu, bisa cek langsung di www.diamondnco.id!

Back to Top