Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Ternyata ini perbedaan intan dan berlian

Apakah perbedaan antara intan dan berlian?

Sebagian besar orang awam tidak dapat membedakan antara intan dan berlian, bahkan sebagian besar masyarakat mengira keduanya sama. Padahal terdapat perbedaan mencolok antara intan dan berlian. 

Intan menurut KBBI

Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, intan merupakan permata yang berbentuk kristal dan dihasilkan dari karbon murni. Untuk zat yang paling keras adalah intan, yang biasa dipakai menjadi permata pada kalung, gelang, cincin dan berbagai perhiasan lainnya. Intan merupakan kristal karbon terkeras, saking kerasnya bahkan dapat memotong kaca, menjadi mata bor di pertambagan.

Arti dari berlian

Sedangkan intan yang diasah dapat menghasilkan kilauan cahaya. Bisa dikatakan sebelum menjadi berlian, batu mulia ini berasal dari intan. Pada umumnya karbon yang berada di dalam tanah hingga ratusan bahkan jutaan tahun mengalami proses kimiawi dan mengalami endogen yang berasal dari dalam bumi. Proses ini yang membuat kristal berbentuk prisma.

Para pengrajin membuat intan ini dengan proses panjang dan rumit, pada umumnya membutuhkan keterampilan khusus. Pengrajin inilah yang membuat batu berlian menjadi berkilau dan memberikan refleksi cahaya. 

Bagaimana proses berlian terbentuk

Bisa dikatakan berlian menjadi mahal berkat tangan pengrajin yang berhasil membuatnya tampak lebih gemerlap, cemerlang, pantulan cahaya yang memukau. Untuk tambang intan yang terkenal di Indonesia berada di Kalimantan Selatan, tepatnya di Martapura. Martapura merupakan penghasil intan terbesar di Indonesia. Pertambangan ini biasanya tidak hanya menemukan berlian selama  proses penggalian,  tetapi dapat menemukan pasir emas dan batu akik.

Membedakan berlian asli dan palsu

Bagaimana cara membedakan antara berlian asli dan palsu, sehingga para pembeli dapat berhati-hati ketika membeli berlian.

  1. Pada umumnya bentuk yang sempurna membuktikan kualitas yang baik, tetapi beda halnya pada berlian. Karena berlian yang berkualitas baik justru di bagian tepinya tidak sempurna. Untuk mempermudah dapat menggunakan kaca pembesar. 

  2. Berlian asli jika di amplas tidak akan tergores. Sehingga untuk menguji keasliannya, kita dapat menggunakan amplas. “Selain cara ini paling praktis untuk menguji keaslian berlian, perlengkapannya juga sederhana. Berlian yang baik tidak akan tergores oleh amplas karena memiliki skala 10 MOS untuk kekerasannya,” berikut paparan salah satu pelanggan  diamond & co

  3. Gunakan embun yang berasal dari hawa hembusan dari mulut. Hembuskan nafas seperti menghembus ke arah cermin, lakukan pada berlian. Berlian asli tidak mudah berembun, sehingga jika terdapat embun dari nafas selama beberapa detik, kemungkinan berlian tidak asli. 

  4. Dalam pantulan cahaya, berlian asli akan memantulkan cahaya abu-abu dan putih, sementara permata pada umumnya akan memantulkan warna pelangi. 

  5. Penampilan berlian asli sangat terang karena pembiasan cahaya yang melaluinya. Pantulan cahaya yang sangat terang ini yang membuat berlian menjadi perhiasan paling digemari dan menunjukan kemewahan.

Untuk mengetahui promo lebih banyak mengenai berlian diamond & co, bisa klik link ini
 

Back to Top